Senin, 21 Juli 2014

Tagged Under: ,

Keripik Nanas, Ternyata Begini Cara Pembuatannya

By: Unknown On: 12.05
  • Share The Gag
  • Keripik Nanas, Ternyata Begini Cara Pembuatannya - Keripik Nanas, Ternyata Begini Cara Pembuatannya. Tentang cara pembuatan keripik nanas agar mempunyai hasil bagus antara lain dimulai dengan pemilihan buah nanas, buah dipilih adalah yang sudah matang namun tidak boleh terlalu lembek dagingnya. Dengan memilih buah yang sudah matang menghasilkan rasa manis alami pada keripik nenas tersebut tanpa ada penambahan unsur manis dari luar.




    Cara Membuat Keripik Nenas
    Setelah pemilihan buah yang benar diatas, selanjutnya adalah proses pengupasan buah baru kemudian diteruskan dengan perendaman pada air garam. Setelah itu buah diiris sesuai selera, bisa berbentuk bulat sesuai bentuk buahnya atau bentuk mengiris memanjang kebawah. Ketebalan tiap irisan sekitar 5 mm atau lebih.

    Proses Menggoreng Kripik Nanas
    Proses selanjutnya adalah mendinginkan buah pada Freezer sebelum dilakukan penggorengan agar mendapatkan hasil yang baik. Pada waktu proses penggorengan, dibutuhkan sekali alat penggorengan khusus untuk buah-buahan atau yang dinamakan Vacuum Friying.

    Memang mesin penggoreng buah-buahan ini tergolong tinggi harganya namun sangat penting keberadaannya karena apabila dilakukan dengan sistem penggorengan tradisional akan menghasilkan keripik nanas yang kehitaman atau meleleh seperti gel. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan glukose yang terdapat pada buah-buahan sangat tinggi. Karena itu suhu/temperatur tidak boleh terlalu tinggi ketika menggorengnya.

    Pada proses penggorengan biasa suhu cenderung tinggi hingga 100 derajat Celcius bahkan bisa lebih, dengan kondisi suhu kerja yang tinggi tersebut masih belum cukup untuk menghilangkan kadar air yang terkandung dalam buah, dan jikapun hal tersebut diteruskan ketika proses menggoreng maka hasil keripik nanas akan gosong.

    Jika menggunakan Vacuum Friying suhu temperatur bisa diatur agar tidak terlalu tinggi dan selalu stabil ketika proses penggorengan dilakukan, pada proses pemanasan pada mesin keripik buah tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius agar hasilnya tidak gosong. Di dalam mesin ketika proses penggorengan buah, kandungan air dihisap keluar dari buah melalui mekanisme yang ada pada mesin penggoreng keripik buah tersebutKeripik Nanas, Ternyata Begini Cara Pembuatannya.

    Penirisan dan Pengepakan Kripik Nanas
    Setelah kira-kira cukup matang maka keripik nenas siap dikeluarkan dari mesin Vacuum Friying lalu ditiriskan untuk memisahkan gorengan nenas tadi dari minyak nabati yang menempel di keripik dengan menggunakan alat yang dinamakan mesin Spinner. Dengan alat peniris ini membuat hasil keripik nenas akan lebih sempurna karena kandungan minyak bisa hilang sepenuhnya dari keripik, hasilnya seolah tidak digoreng dengan minyak dan tentu saja keripik menjadi lebih renyah dan gurih.

    Jika tahapan ini sudah dilalui maka kini tinggal tahapan akhir pembuatan keripik nenas yaitu pengemasan dan penyimpanan produk agar bisa tahan lama, disini dianjurkan apabila ingin membuat produk keripik nenas yang tahan lama sebaiknya menggunakan Packing Aluminium Foil Bag, yakni jenis packing yang lebih padat pori-porinya dari pada plastik sehingga daya tahan keripik nenas bisa maksimal.

    Nah, inilah info Keripik Nenas, Ternyata Begini Cara Pembuatannya kami berikan untuk anda. Bagi anda pembaca setia Fruita yang ingin membuat Sambal Nenas Enak dan ingin mengetahui resepnya silahkan klik disini: Resep Sambal Nenas Enak. Salam

    0 komentar:

    Posting Komentar